Sumber Foto: Ahmad Faiz 
Cirebon, LPM FatsOeN- Setelah bertahun-tahun berada di daftar tunggu, akhirnya pada tahun 2024 ini, tim futsal EL-Fahd UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon mendapatkan kesempatan emas untuk berpartisipasi dalam ajang futsal berskala nasional, Telkom University National Futsal Championship 2024 (TUNFC 2024). Tim ini beranggotakan 17 pemain yang berasal dari berbagai jurusan dan fakultas, berupaya untuk memberikan warna baru dan mengukir prestasi yang dapat mengharumkan nama kampus.

Event TUNFC 2024 diselenggarakan mulai 17 hingga 26 Mei 2024, diikuti oleh 32 tim dari PTN, PTS, dan PTKIN seluruh Indonesia. Technical meeting dan drawing dilakukan pada 16 Mei 2024 di Hotel Puri Khatulistiwa, Jatinangor. Hasil undian menempatkan EL-Fahd di Grup D bersama juara bertahan Universitas Siliwangi Tasikmalaya (UNSIL), Universitas Padjadjaran Bandung (UNPAD), dan Institut Teknologi PLN Jakarta (ITPLN).

Pada pertandingan debut mereka pada 17 Mei 2024 melawan ITPLN di Jatinangor Futsal Field Institut Teknologi Bandung, EL-Fahd meraih kemenangan dengan skor 3-2, mengantongi tiga poin pertama. Kemenangan ini memberikan dorongan semangat dan optimisme bagi para pemain EL-Fahd untuk menghadapi pertandingan berikutnya.

Namun, pada pertandingan kedua yang dilaksanakan pada 19 Mei 2024, EL-Fahd harus mengakui keunggulan tim UNSIL dengan skor 0-3. Meskipun demikian, EL-Fahd tetap berada di posisi runner-up Grup D, unggul agregat gol dari UNPAD yang sebelumnya kalah 0-4 dari UNSIL.

Pertandingan penentu melawan UNPAD pada 21 Mei 2024 menjadi laga yang sangat menegangkan. EL-Fahd hanya membutuhkan hasil seri untuk lolos ke babak 16 besar, namun semangat untuk menang mendorong mereka untuk tampil agresif. Mengawali laga dengan strategi ofensif, Ahmad Dendi mencetak gol pertama, diikuti oleh gol-gol dari Daffa Ahmad Faqih, Perdi Perdiansyah, dan Muhammad Irfan. Meskipun sempat disamakan oleh UNPAD menjadi 4-4, EL-Fahd akhirnya menang 5-4 berkat gol penentu dari Daffa Ahmad Faqih.

Kemenangan ini memastikan EL-Fahd lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup D, mendampingi UNSIL. Ketua Umum EL-Fahd, Miftahul Huda, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas perjuangan tim. "Kemenangan ini tidak hanya milik UKM EL-Fahd, tetapi juga milik seluruh civitas akademika UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Kami hadir dan bertanding atas nama kampus dengan disertai doa terbaik dari seluruh civitas akademika," ujar Huda melalui sambungan telepon.

Selanjutnya, Huda memohon doa dan dukungan dari seluruh civitas akademika agar EL-Fahd mampu meraih kemenangan di babak 16 besar melawan juara Grup C yang akan dilaksanakan pada 23 Mei 2024. "Semoga EL-Fahd bisa terus berprestasi dan mengharumkan nama kampus yang sedang bertransformasi menjadi UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon (UIN SSC)," tambah Huda.



Penulis: Tina Lestari

Editor: Zahra 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama