Sumber Foto: Dokumentasi Penulis

Acara Nonton Bareng (Nobar) Tim Nasional (Timnas) Indonesia vs Uzbekistan dalam ajang AFC U23 Asian Cup 2024 di Balai Kota Cirebon berjalan dengan lancar pada Senin (29/4).  Acara nobar berlangsung tertib tanpa adanya insiden kerusuhan. 

Sebelumnya, dalam rangka memastikan keamanan dan ketertiban, pemerintah dan Asosiasi Kota (Askot) PSSI Kota Cirebon selaku penyelenggara telah memberikan arahan kepada para suporter agar tertib dalam menghadiri acara nobar.

Dalam arahannya, pemerintah menegaskan pentingnya bagi suporter untuk tidak membawa benda yang dapat memicu kerusuhan, seperti senjata tajam, cerawat, kembang api dan benda sejenisnya. Mereka juga diingatkan untuk menjaga sportivitas dan kondusivitas ketika nobar berlangsung. 

Namun, karena tensi pertandingan antara Timnas dengan Uzbekistan begitu tinggi, memang para suporter sempat panas. Beberapa di antaranya juga sempat menyalakan cerawat sampai kemudian harus diingatkan oleh pembawa acara. Tapi berkat kerja sama dan pengawasan yang ketat, insiden yang bisa saja mengganggu ketertiban itu tidak terjadi. 

Hanya saja, setelah acara usai, tumpukan sampah berserakan di sepanjang jalan Siliwangi. Panitia acara sebetulnya sudah mengimbau para suporter untuk membawa kantong sampah masing-masing untuk mengantisipasinya. 

"Jadi ketika nyampah mereka memasukkan ke plastik, begitu bubar nanti dibuang ke tempat sampah. tapi kan yang namanya juga masyarakat euforia jadi dia lebih senangnya makan ya sudah lupa," ujar Zaenal, selaku Ketua Askot PSSI Cirebon pada Selasa, (30/4). 

Terlepas dari semua itu, Zaenal tetap mengapresiasi semua pihak yang berkontribusi menjaga ketertiban dan keamanan selama acara nobar berlangsung. Sebab secara keseluruhan acara memang tertib. 

Meski dalam pertandingan melawan Uzbekistan itu Timnas Indonesia harus menelan kekalahan dua gol tanpa balas,  Timnas masih memiliki peluang untuk meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024 melalui jalur juara tiga. Zaenal berharap, Timnas bisa lolos ke ajang Olimpiade melalui jalur itu. 

"Ya kita sebagai masyarakat Indonesia yang membela Timnas semua pasti punya keinginan yang sama kita lolos ke Olimpiade Paris," tuturnya.

Dalam perebutan juara tiga nanti, Indonesia akan berhadapan dengan Irak di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, pada Kamis (2/5/2024). Rencananya, pemerintah dan Askot PSSI Kota Cirebon akan kembali menggelar acara nobar pertandingan itu di jalan Siliwangi Kota Cirebon. 


Reporter: Raihan Athaya 

Penulis: Zakariya Robbani

Editor: Ega Adriansyah

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama