Sumber Foto: Dokumentasi Penulis 

Yayasan Wangsakerta mengadakan Pasar Balong Setu (Balset) pada Minggu, (5/5/2024). Pasar Balset biasa diadakan hari Minggu sebulan sekali di Dusun Karangdawa, Desa Setupatok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Sudah empat kali Yayasan Wangsakerta mengadakannya. 

Kali ini, Pasar Balset diadakan lahan kosong. Awalnya pasar tersebut diadakan di pinggir jalan. Namun, guna menghindari kemacetan, pengurus Yayasan Wangsakerta memutuskan untuk mengadakannya di lahan kosong.

Pengadaan Pasar Balset bertujuan untuk memberdayakan masyarakat. Ide pengadaan pasar ini digagas oleh Farida Mahri, seorang socio-entrepreneur sekaligus pemilik Yayasan Wangsakerta. 

Warga setempat mengaku sangat senang dan antusias dengan diadakannya pasar tersebut. Apalagi konsep pasarnya menjual produk pertanian dan UMKM warga setempat. 

"Ini tuh awalnya dari pemberdayaan sama Bu Ida (nama panggilannya). Kita Ibu-ibu diajak nanem, terus ibu-ibu yang suka masak ditawarin buat dagang di pasar ini," ungkap salah satu warga Karangdawa.

Setiap kali Pasar Balset diadakan, warga selalu meramaikan pasar tersebut. Tidak sedikit anak-anak di sana juga ada yang meminta diadakan panggung. Mereka ingin pasarnya dilengkapi dengan hiburan. 

Yang mengisi panggungnya adalah dari anak-anak itu sendiri. Mengisinya dengan hiburan menari, bernyanyi secara kelompok maupun individu dan lain-lain. Bermodalkan rangkaian papan bekas yang dilapisi karpet, panggung yang diinginn kemudian benar-benar diadakan. 

Yayasan Wangsakerta mendorong kerja-kerja kolektif para warga. Mereka mendorong masyarakat untuk melakukan swasembada produk pertanian. Namun, pengadaan alat dan bahan swasembadanya didorong supaya diadakan sendiri. Jadi, perputaran ekonomi akhirnya tidak terjadi di luar, tapi di Dusun Karangdawa juga. 

"Warga nih kalau bingung (terhadap bahan dagang) kan bisa nanem. Kalau ga ada bibitnya minta atau beli ke tetangganya. Jadi kalaupun beli, perputaran ke masyarakat lagi," tutur Angga, seorang murid Yayasan Wangsakerta.

Di lain tempat, Ian, Kepala Dusun Karangdawa turut senang kegiatan Pasar Balset yang digagas Farida Mahri. Interaksi antar warga yang positif dan bermanfaat dari sisi ekonomi seperti ini sangat didukung olehnya. Namun ia mengaku bahwa pemerintah desa belum membantu atau turut berkontribusi membantu kelancaran kegiatan tersebut. 


Penulis: Raihan Athaya

Editor: Ega Adriansyah

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama